You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Gentasari

Kec. Kroya, Kab. Cilacap, Prov. Jawa Tengah
Info
Selamat Datang di Website Desa Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap

Pemerintah Desa Gentasari Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19


Pemerintah Desa Gentasari Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19

Gentasari - Pemerintah semakin gencar melakukan upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Upaya tersebut dilakukan oleh instansi pemerintahan dari tingkat propinsi, Kabupaten/Kota sampai ke tingkat desa.Salah satu upaya tersebut adalah membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 di seluruh desa di Indonesia yang digalangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) . Maklumat tersebut dimuat dalam Surat Edaran No 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19.

Atas dasar tersebut Desa Gentasari berusaha bergerak cepat untuk mengikuti instruksi dari pemerintah tersebut dan pada tanggal 27 Maret 2020 melalui musyawarah antara Pemerintah Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat secara resmi membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang diketuai oleh Kepala Desa Bapak Budi Harsono.  Pembentukan Tim Relawan penanganan Covid-19 ini merupakan kewajiban tugas pemerintah desa terhadap pelayanan masyarakat yang saat ini sedang resah mengenai wabah Corona. Salah satu tugas utama relawan desa lawan Covid-19 adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait gejala, cara penularan, dan pencegahan virus Covi-19, sesuai protokol dan standar dari WHO. Selain itu Relawan Desa juga melakukan pendataan dan pengkodisian warga yang baru pulang dari perantauan atau mudik. Dalam pelaksanaanya Desa membuat 7 Posko yang terletak di Kantor Desa dan masing-masing dusun sehingga tugas-tugas relawan dapat dikoordinasikan dan dilaksanakan dengan baik. Diharapkan masing-masing posko relawan ini selalu bersinergi untuk melakukan hal-hal terbaik guna memaksimalkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Desa Gentasari.

Bagikan artikel ini:
Komentar